Oleh: Novriza Rahman | Mei 21, 2011

Gaya Mengajar Belajar Tuntas

Ciri-ciri

Gaya mengajar belajar tuntas merupakan sebuah variasi dari gaya individual. Gaya ini tidak menekankan aspek pengetahuan atau penalaran. Namun lebih mengutamakan penilaian dari teman sejawat atau guru. Sebuah keterampilan dipecah menjadi beberapa tahap, dan setiap tahap harus diketahui sampai tuntas. Maksudnya, keterampilan itu benar-benar dikuasai hingga mahir.

Pelaksanaan

Setiap tahap penggalan tugas gerakk merupakan sebuah kesatuan yang harus dikuasai sebelum dilaksanakan gerakan yang utuh dan lebih rumit. Berapa banyak penggalan tugas gerak tergantung pada tingkat kerumitan gerak itu sendiri. Sebagai contoh, perhatikan pentahapan keterampilan menangkap bola.

Agar mudah dipahami penggalan tugasnya hanya 4 tahap:

Secara perorangan, anak melambungkan bola dengan kedua tangannya dan ditangkap dengan kedua tangan pula. Lambungkan dengan tangan kanan dan tangkap dengan kedua tangan. Lambungkan dengan tangan kiri dan tanggap dengan kedua tangan.

Secara perorangan, anak melambungkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan secara bergantian. upayakan agar lambungannya cukup tinggi sehingga gerakan bola melengkung ketika berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya.

Secara perorangan, dengan memakai kantong berisi gabah atau pasir lambungkan kantong itu disekitar anggota badan dan kemudian ditangkap. Lambungkan kantong itu dengan kedua tangan di atas kepala dan tangkap di belakang kepala dengan kedua tangan

Secara perorangan, dengan kantong gabah itu dan dalam posisi tegak, lambungkan kantong itu tinggi- tinggi dan tangkap pada posisi jatuh serendah mungkin dengan kedua tangan. Berikut, tangkap dengan tangan kanan dan kemudian dengan tangan kiri serendah mungkin.

Sesuai dengan konsep belajar tuntas, tetapkan patokan keberhasilan bagi setiap tahap itu. Misalnya, pada tahap ke-1 dari 5 kali percobaan melambungkan bola, anak berhasil menangkap bola sekurangnya 4 kali. Bila ternyata gagal setelah diulang, tugas itu ditunda dan beralih ke tugas lainnya.


Kategori

%d blogger menyukai ini: