Oleh: Novriza Rahman | Mei 15, 2011

Semua Tentang Sepakbola

Sepak bola tidak hanya digemari oleh kaum muda dan laki-laki saja. Sepak bola merupakan salah satu olah raga yang paling banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, kaum muda, tua, laki-laki maupun wanita semua menggemari sepak bola.

Aturan Main Sepak Bola

Sepak bola adalah olah raga permainan beregu yang terdiri dari 11 orang pada setiap regu atau timnya.

Permainan dalam sepak bola biasanya dimainkan selama 2 kali 45 menit, terkadang terdapat perpanjangan waktu apabila skor masih sama yaitu selama 2 kali 15 menit.

Apabila pertandingan masih memiliki skor yang sama, akan dilanjutkan dengan adu penalti.

Event Sepak Bola Favorit Momen yang paling ditunggu oleh penggemar bola sejagat adalah event piala dunia yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Selain itu, ada juga beberapa kompetisi-kompetisi domestik di tiap negara dan juga benua yang juga menjadi plihan tontonan favorit penggemar bola. Para penggemar bola biasanya memiliki pemain idola dan jagoan mereka, dan tentu memiliki klub yang mereka dukung. Untuk liga-liga domestik atau dalam negeri misalnya, sepak bola mania biasanya memilih asal daerah mereka sebagai klub daerah favorit.

Penggemar bola dari Surabaya jelas saja mendukung Persebaya sebagai jagoan mereka dan tergabung dalam Bonek atau persatuan supporter sepak bola untuk Surabaya. Begitu juga dengan Arema dengan Aremania, Persib dengan Vikingnya, dll.

Julukan Tim Sepak Bola Dalam sepak bola juga terdapat julukan-julukan bagi tim atau klub yang berlaga dalam setiap kompetisi. Seperti Arema Malang dengan Singo Edan, Persik Kediri dengan julukan Macan Putih, maupun julukan-julukan di liga lain, seperti di Liga Serie A Italia terdapat Inter Milan dengan julukan Nerazzurri atau AC Milan dengan julukan Rossoneri hal ini menjadi identitas dan juga kebanggan bagi tiap klub.

Sepak Bola Memperkuat Rasa Nasionalisme
Sepak bola juga sering menjadi pemersatu bangsa, sebagai contoh Korea Selatan dalam Piala Dunia 2002, saat negara meraka masuk semi final terdapat dukungan yang luar biasa dari rakyat Korea Selatan dan semua masyarakat tumpah di jalan-jalan demi mendukung negaranya tercinta. Hal ini tentu saja selain mempererat persatuan juga meningkatkan rasa nasionalisme rakyatnya sehingga negara akan semakin kuat dan solid.


Kategori

%d blogger menyukai ini: