Oleh: Novriza Rahman | Mei 14, 2011

SMS Lebaran yang masuk ke Hp ku

suatu malam hari raya di 27 September 2009
Oleh Novriza Rahman
SMS LEBARAN

Alhamdulillah, tahun ini ada 18 sms lebaran yg ku terima. Dibanding tahun kemaren, yg cuman 9. Baik itu ke SIMPATI maupun ke As ku. Tau ya apa sebabnya, mungkin rasa silaturahmi dgn teman-teman. Begitu kali pendapat sang pengirim.
Di bawah ini semua sms yg mampir, berikut komentar dari ku serta point isi sms. (Dengan skala 1-10).

1. Noval :
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430 H.
“MINAL AIDZIN WAL FAIZIN.” MOHON MAAF LAHIR ND BATHIN
(Naoval Arafat nd Keluarga) Kandangan HSS
Komentar ku :
Sms paling pertama. Ini dari teman STM ku. Dulu pemain sepakbola Timnas STM di era th.99. Tepatnya bek kiri. Jurusan Otomotif. Sekarang jadi guru bahasa Inggris di Daha Selatan. Sms ini pertama kali masuk 1 hari sebelum Hari Raya. Isi pesan langsung ketujuan, pengunaan karakter yg dewasa dan si Noval dgn 1 keluarga ikut lebaran.
Nilai: 7,5

2. Mita (Midah & Taufik):
“Sé” uñtài kàtà dàñ di dàlm pèrbuàtàñ@-tiàdà kàtà2 yg pàntàs sélàin dpt ménguçàpkàn:slmat mèñuñàikàñ ibàdàh puàsà sértà ményàmbut dàtàngnyà> HARI RAYA IDUL FITRI 1430 H. Mohon mààf làhir dàn bàtin.(UPIK Sekeluarga.)”
Komentar ku:
Isi pesan sih terlalu bertele-tele, jarang ada yg disingkat, dan kebanyakan font variasi yg nyelip diantara kalimat-kalimatnya. Mungkin maksudnya biar yg menerima SMS tuh inget ama yg mengirim, gak tau deh apa maksudnya, tapi ini trend di kalangan anak2 SMP sekarang. Jadi jangan heran kalo aku terima SMS dengan font, baik yang campur, variasi besar-kecil tuh ku masih anggap anak kecil atau orang dewasa yg belum bisa ninggalin masa kecilnya. Dibalik semua itu, isi pesan cukup mewakili makna Idul Fitri. Dan lagi Upik rela mengeluarkan sampe 2 sms, ku hargai pengorbanan mu Pik.. Upik & 1 keluarga ikutan lebaran
Nilai: 7

3. Mahyuni (Kepsek):
“Pa ambil duit kinerja lawan ulun”
Komentar ku:
Bos di SDN Bajayau Tengah 1 mengirim SMS… hahaha. Kenapa sms beliau termasuk golongan sms lebaran??, padahal tdk ada hubungan nya sama sekali kan… Artinya sederhana brur… cukup mendalam, tapi penuh makna. Uang jajan tambahan buat lebaran besok, maksudnya…
Nilai: 8 deh (..kan berkaitan dengan kemaslahatan umat)

4. Budi Hendrawan, S.Pd :
“Emas Putih di Buat gelang.. Gelang per mata Bertatahkan Intan.hari lebaran sudah didepan minal aidn walfidn Salah dan khilaf Kami Mohon di Maafkan. Jumi budi”
Komentar ku :
halo Bud.. Teman 1 angkatan kuliah di Unlam, FKIP-JPOK ’01. Sekarang katanya si Jumi (istrinya Budi, yg juga 1 angkatan dengan ku) barusan melahirkan. Isi pesan sih berat, tapi (jujur) sangat bermakna dan langsung kena hal ini ditambah lagi dgn adanya syair. Pemanfaatan jumlah karakter sangat pintar, 160 pas.
Nilai : 7 pas juga..

5. Milyar Rujiannor, S.Pd :
“Ass……. , HiDuP HaNyA Se{ x }
DoSa jgn di [+]
AmAl jgn di [-]
CinTa jgn di [:]
GuGur BuNga KaReNa LaYu”.”.”,
GuGur ImAn KaReNa Nafsu”.”.,
GuGur CiNta KaReNa CeMbUru.”:.”,
TeRtaWa KarEna BaHaGia”.;”.,
MeNaNgiS KaReNa DuKa,;”.,
BeRtoBat KaReNa BeRdoSa”.;”,
BeRsiHkAn HaTi,”, SuCikAn JiWa,” Mari kita sambut 1 Sya wal 1430 h dgn saling memaafkan, kami sekelg mhn maaf lahir bathin smoga puasa kita di terima ALLAH SWT Amin !!!
*milyar SPd Sklg*”
Komentar ku :
waduh bos.. Ini temen CPNS’08 ku, juga satu jurusan di Olahraga tapi angkatan 02. peace bos… Isi pesan sih sangat bertele-tele, berat tapi penuh makna.. Maaf cuy… terlalu kekanak-kanakan, liat aja font-nya, campur… Dia juga rela mengeluarkan 3 sms untuk hal ini. Plus nya Mili dan keluarga juga lebaran Sebagai pengorbanan mu.. Kuberi…
Nilai: 7,9

6. Dayat Gly :
“Ass.Wr.Wb . . .
Allahuakbr 3x walillah ilham, Rahmat H. sekeluarga mengucpkan selamat hr raya idul fitri 1430 H. minal aizhn wlfaezn mhon m’f lahir dan batin.
Komentar :
sms ke 6. Ini teman 1 kampus tapi beda angkatan, yaitu angkatan 2002. Domisili Rantau.. Isi sms pake Assalamu’alaikum tapi sayang banyak kata yg disingkat. Tapi tak papa.. Sudah mewakili semangat Idul Fitri. 1 keluarga ikut lebaran.
Nilai : 7.

7. Mansyah S.Pd :
“Selruh staf,pelatih srta pmain AC MILAN: Kalac-Zambrotta,Nesta,Kaladze,Janklovski-GENNARO”4NC4H”GATTUSO,Pirlo,Seedorf-Ronaldinho-Pato,Inzgahi mgcpkn SLMAT LBRAN”
Komentar :
nah lo… Ni orang ikutan kirim sms lebaran lengkap beserta susunan pemain AC.Milan. Mansyah yg punya tim favorit Ac.Milan… Ni orang sebenarnya punya wawasan yg luas.. Tapi kenapa kirim sms yg isinya (jujur) ‘ga ada makna sama sekali. Kenapa tidak ada makna, karena isi sms nya melibatkan seluruh staf, pelatih & dan pemain Ac.Milan yg tidak tahu apa-apa. Sudah itu…, ngaku-ngaku sebagai Gattuso lagi. Betul betul kekanak kanakan….!! Ditambah lagi penggunaan angka 4 dalam tulisan 4NC4H.. oke deh ga papa.. Tapi apa boleh buat.
Nilai : 5,5

8. Lina :
ALLHUAKBAR 3X.
Hari yg fitri akan tiba sbntr lg, kami skeluarga jg mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430H. MOHON MAAF LAHIR dan BATIN.
Komentar :
hhhmmmm.. Kalo yg ini adalah Kakak dari salah seorang mantan muridku waktu jadi guru honorer di MTsN Angkinang. Namanya Lina (tauk Lina apa lengkapnya..). Kata adik nya sih ehm..tes.. dengan ku…Wekk.. Pernah telpon2nan, sms an. Masih kul di STIKIP, ngambil jurusan B.Inggris. Eh.. Lin.. ntar kita telpon2an lagi ya.. Isi sms padat berisi, kaya orangnya. Yang janggal & ini membuat jeblok nilai kekuatan SMS kamu, kenapa kalimat Tahmid harus disingkat.. Kan itu nama Sang Pemilik mahluk. Cobalah untuk tidak disingkat, kan sisa karakter masih ada 16 huruf.
Nilai : 6,5

9. Zahmy Heryadie, S.Pd :
“Minal aidin wal faizin…
Mohon m’f lahir n bathin…
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H…
zahmyheryadie@yahoo.co.id”
Komentar :
nah kalo yg 1 ini dari brotherhood aku di JPOK 2001, eh.. sekarang udah punya FACEBOOK, dan ni orang udah keranjingan. Itu bisa diliat pada alamat emailnya ikut serta di sms. Walau belum terlambat, tapi duluan kami yang tinggal di daerah terpencil, padahal ni orang tinggal di kota besar lho.. Ya udah Bos.. Tak papa.. Yang penting silaturrahmi kita. Isi pesan simpel seperti orangnya, walau terasa kurang makna tapi semangat ntuk silaturrahmi teteeep ada.
Nilai : 7,8

10. Isna Bjm :
”Sebelum takbir brkumandang, sebelum hri yg fitri mnjelang,Kepda tman, klga dan handaitaulan,kami haturkan ‘mohon maaf lahir&bathin’..hppy iedl ftri 1430H”
Komentar :
Halo Na… Kalo ini sepupu ku di Banjarmasin. Padahal mau balas sms ini… Kok sekarang lebarannya ga pulang ga taunya esok pagi udah nongol di mesjid, katanya rute BJM-KDG macet beoraaat.. Ketahuan nih smsnya dibuat rombongan ntuk seluruh isi kontak di hp nya..
Nilai : 7

11. Nida Adhyana :
“JikA SeMuA”HARTA” AdALAh “RACUN” mAkA “ZAKAT” LAh “pEnAwAR NyA”jikA SeLuRuh”UMUR” AdALAh”DOSA” mAkA”TAQWA & TOBAT”LAh “ObAtNyA”.JikA SeLuRuh “HARI” PeNuH DeNgAn “NODA” mAkA “idul fitri” LAh “PEMUTIH NyA
“NIDA ADHIYANA” sekeLUARga menguCapin
“sELAmAt hari raya idul fitri 1 shawal 1430 H. Mohon mAAf LAhiR Bathin ”
Komentar :
ini adalah salah satu eks murid ku di MTsN Angkixx*. Orang nya seperti Nirina Zubur, eh salah.. Habis klo ditulis yang sebenarnya, bisa 1 minggu penuh ga lepas dari cermin.. Iya deeh iya deeh orangnya… cantik, manja khas dari anak seumuran dia yang baru kelas 3 MTs, bisa dilihat kan dari huruf sms nya yang full variasi besar-kecil, besar-kecil… Tapi bila dicermati isi smsnya penuh makna, hhmmm…. perlu dihargai atas pengorbanan 3 sms nya ini.
Nilai : 8

12. Rahmad Kardata,S.Pd :
“Selamat Idul Fitria 1430 H..Bundaku,..(R Kardata)”
Komentar :
satu angkatan waktu kuliah di JPOK UNLAM Banjarbaru…… paling suka melakukan tendangan dolyo chalgi sambil berputar *@~#% wetawwwww…!!!!!!. Isi sms sangat singkat, satu hal yang jdi pertanyaan kenapa mesti dibuat kata “Bundaku”…??
Nilai : singkat cerita…. 6 pas.

13. Denny Sofian, S.Pd :
“2 renungan di hati saat melaksanakan sholat Ied,
1. Bahagia & Syukur (dipanjangkan umur & dpt berpuasa 1 bulan penuh serta pahala yg berlimpah &penghapusan dosa sehingga kembali suci). SUBHANALLAH !
2. Sedih & Terharu (bulan yg penuh berkah & maghfiroh akan segera berlalu. Yang tersisa adalah rasa takut tak berjumpa lagi dgn Ramadhan… & hanya berdoa agar diterima semua ibadah yg kita laksanakan & diizinkan utk bertemu Ramadhan berikutnya… Amin Ya Rabbal Alamin. Taqaballahu mina wa minkum, Selamat Idul Fitri 1430 H, Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin. <Denny Sofian, S.Pd Sekeluarga>”
Komentar :
ada pesan religius tersaji dalam 4 sms yang dikirimkan oleh Denny Sofian, S.Pd/Nakata… mantap-mantap. Ni orang juga satu angkatan dengan ku waktu kuliah. Salah satu bek kanan terkuat, juga terbaik saat pelaksanaan Dekan Cup 2001. Eehhhh… lulus di Marabahan ya bro ?
Nilai : untuk 4 sms mu yang penuh makna, walaupun isinya (kalo dikirim ke anak SD) sangatlah berat, teteeep ku beri nilai 9.

14. %#**xx@na :
“Mengingat kata yang salah, hati yang berprangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, dihari ini ijinkanlah U juga mengucapkan mohon maaf LAHIR DAN BATHIN. Orang to P yang Beri U zakat. Hehe..”
Komentar :
Sms ke 14… kenapa ditulis %#**xx@na…..?? Sttttt… ni sms dari mantan wanita nomor 1 yang pernah singgah dihati ku…. sekali lagi mantan… sekarang sudah memiliki keluarga. Pasti ada yang bertanya kenapa mantan ikutan sms.. SELINGKUH…??. Walaupun sebenarnya jalan kesitu begitu mudah, tapi ALHAMDULILLAH sampai sekarang itu tidak terjadi. Karena status kami yang sudah memiliki tanggung jawab & keluarga sendiri. Isi sms bikin sedih… tapi ada juga senyumnya liat kalimat terakhir…
Nilai : 8 deeeeh.. penganti zakat..!!!

15. M. Hatta Dani, S.Pd :
“Aslmlkm.wwb…Dalam hidup ini yg utama adalah amanah,terbesar adalah-nafsu,terdekat adalah kematian,terpanjang adalah tutur kata,tersulit adalah memaafkan(Ghazali),sebelum azan subuh berkumandang..sebelum takbir menggema… Ijinkan Kami sekeluarga mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin… mohon maaf lahir-bathin, walau tangan tak berjabat, yg penting keikhlasan & ketulusan hati… Dari kluarga Bsar keLua.”
Komentar :
Brrrrrreeeeeemmmm…. chhhhiiiiiitt… sepeda motor Yamaha V-Xion Nopol DA 33XX XX ikut mampir ke hape butut ku… halloo cuy… hhhhhemmmmm…. M. Hatta Dani, S.Pd teman satu hati, satu rasa, satu penderitaan & satu angkatan. Isi sms habis 3 sms, sangat indah membuat ku sangat bangga menjadi salah seorang temanmu. Ternyata bisa romantis juga ya… 1 kampuang (Kelua) ikutan ngucapin lebaran.
Nilai : 8,5

15. Sugino Iksan Basri, S.Pd :
Se10 jari trsusun rapi,bunga melati pnghrum ht,sms dkrim pngganti dri,mhon mf stulus ht..
Mta kdang slh mlhat.. Mlut kdng slH mngcap.. Ht kdng slh mndga.. Mfkn sgala slH dn khlaf,akhlak yg trcela,lnsan yg mnyktkn,jnji yg tk trtuang,amanah yg trabaikan baik sngja maupun yg tdk sngja yg prnh kami lakukan. Kami ucpkan,MINAL AIDIN WALFAIZIN,mhn mf lhr batin.
(Iksan sekeluarga)
Komentar :
sms terakhir datang dari Kabupaten Tanah Bumbu…. juga eks teman 1 angkatan waktu kuliah. Isi sms pke pantun, sip sip sip. Tapi sayang terlalu banyak kata yang disingkat, kan karakter yang dipakai sudah sampai 3 sms kenapa mesti disingkat juga… oke bos tak macalaaaaah.. yang penting semangat silaturrahmi kita tetap terjaga. Hidup JPOK…!!!
Nilai : 8

16. aku cendili
“For all moslem
me Riza, my wife Fitri ‘n my child Yasin… Say please forgive we are family, happines Idul Fitri 1430 H. Dont forget pay Zakat…”
Komentar :
sms dari ku… isi sms memang kebarat-baratan, tapi itu tuntutan zaman kawan. Tujuan sms ini yaitu kawan semasa kuliah, guru-guru B.Inggris teman dari istriku. Artinya… Untuk seluruh Umat Muslim (yang terima sms tentunya…) aku Riza, istriku Fitri dan anak ku Yasin… mengucapkan mohon maaf sekeluarga’an, selamat Idul Fitri 1430 H. Jangan lupa bayar zakat…
Nilai : 7

17. juga aku sendiri
“Ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka. Dihari terakhir syaum ini mohon dimaafkan segala salah & dosa.
-riza sekeluarga-“
Komentar : dan ini juga sms dariku. Ditujukan untuk Guru Ngaji, KEPSEK, teman ngajar 1 sekolah, keluarga di Malang dan seluruh intern keluarga. Isi sms NO COMENT …!!! mau cepat cepat diposting di FACEBOOK.
Nilai : 7

Jadi untuk nilai sms terbaik yang masuk ke no 08125028353 adalah :
Sms dari Denny Sofian, S.Pd dengan nilai 9

Dan yang terburuk adalah :
Maaf ya boozz…. Mansyah, S.Pd dengan nilai 5,5

Untuk tahun depan (semoga panjang umur… murah rejeki… amiiin) INSYA ALLAH, kategorinya sms pantun terbaik …


Kategori

%d blogger menyukai ini: